Enter your keyword

Begini Jadinya Gudang Dicat Epoxy Malah Jadi Rusak

Begini Jadinya Gudang Dicat Epoxy Malah Jadi Rusak

Begini Jadinya Gudang Dicat Epoxy Malah Jadi Rusak

Sebabagi bangunan dengan kebutuhan konstruksi yang relative tinggi, pembangunan dan perawatan bangunan gudang harus diperhatikan dengan amat detail. Hingga ke material yang digunakan pada lantai pun harus merupakan yang terbaik.

Salah satu material paling recommended untuk digunakan pada gudang ialah epoxy lantai. Mengapa demikian? Karena cat epoxy lantai memberikan beberapa manfaat sekaligus pada lantai gudang, mulai dari memperkuat lantai beton hingga menambah keindahan lantai gudang.

Sayangnya, banyak pemilik gudang yang justru megeluhkan kerusakan pada lantai bangunanya karena aplikasi cat epoxy. Bagaimana hal ini terjadi? Sedangkan pad dasarnya cat epoxy memberikan perlindungan pada lantai gudang. Yuk cari tahu alasannya di bawah ini.

 

Mengapa Lapisan Cat Epoxy Gudang Rusak?

Berbanding terbalik dengan fungsinya untuk menambah keindahan dan kekuatan lantai, di beberapa kasus aplikasi cat epoxy justru menjadikan lantai gudang tampak rusak. Hal ini bisa saja terjadi lantaran beberapa hal berikut ini.

1. Proses Aplikasi Tidak Sesuai Prosedur

Penyebab paling umum mengapa lantai gudang rusak setelah diaplikasikan cat epoxy yaitu karena prosedur pengecatan yang tidak pas. Ya cat epoxy merupakan sebuah material khusus yang tidak bisa diaplikasikan oleh sembarang orang, karean tahapannya perlu dilakukan secara urut dan benar.

Mulai dari tahap persiapan seperti membersihkan lantai dari berbagai kotoran, aplikasi cat primer, aplikasi cat epoxy hingga aplikasi coating. Seluruh tahapan tersebut sudah memiliki standar pengerjaan yang pasti dna harus dilakukan secara benar.

Apabila satu tahap saja tidak sesuai prosedur, bukan hal aneh jika lapisan cat epoxy akan cepat rusak atau bahkan merusak lantai beton.

2. Material Cat Tidak Berkualitas

Selain prosedur yang tidak sesuai, pemilihan material cat juga sangat berpengaruh pada keawetan lantai epoxy. Grade kualitas cat epoxy sendiri cukup beragam, sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Untuk setiap kontraktor epoxy biasanya juga menawarkan jenis epoxy yang berbeda. Diman setiap jenis cat tersebut bukan hanya berbeda pada segi material namun juga harga.

3. Ratio Cat Epoxy

Takaran cat epoxy dengan material lain juga bisa berpengaruh pada keawetan cat. Takaran antara cat epoxy dengan material campurannya sendiri bisa berbanding antara 3:1 hingga 4:1. Akan tetapi ratio 3:1 lebih disarankan sebab memiliki campuran yang lebih murni.

Ketika jumlah atau ratio cat epoxy tepat maka akan tercipta lapisan cat epoxy yang lebih kuat dan tahan lama pastinya.

Itulah kesalahan-kesalahan yang sering kali mengakibatkan kerusakan pada epoxy lantai. Akan tetapi perawatan epocy lantai juga cukup berpengaruh pada keawetan cat.

 

Tips Merawat Epoxy Gudang Agar Lebih Awet

Ketika lantai sudah dilapisi dengan cat epoxy, tentu Anda pun harus merawatanya dengan baik sehingga cat lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Berikut tips sederhana untuk merawat cat epoxy gudang.

1. Lakukan Pembersihan Rutin

Meskipun gudang digunakan hanya sebagai tempat penyimpaan barang, namun bangunan ini juga perlu dibersihkan secara rutin. Bersihkan setiap debu yang menempel menggunakan sapu ataupun busa halus.

Jika diperlukan Anda bisa menggunakan vacuum untuk membersihkan setiap pojok gudang. Penggunaan vacuum cleaner sendiri bisa diatur, semisal setiap 1minggu sekali.

2. Jangan Biarkan Kotoran Cair Mengendap

Bukan hanya beberapa faktor terkait kesalahan teknis aplikasi, faktor lain yang juga sangat berpengaruh pada kerusakan epoxy ialah cairan yang menempel pada lantai namun tidak segera dibersihkan.

Sekalipun yang menempel hanya berupa air, namun Anda wajib langsung membersihkannya menggunakan handuk atau kain halus. Terlebih lagi jika cairan yang menempel ialah cairan dengan kandungan bahan kimia.

3. Bersihkan Noda Membandel

Apabila tampak terlihat adanya noda yang menempel pada lapisan cat epoxy, Anda bisa menggunakan cairan pembersih untuk menghilangkannya. Pastikan takaran cairan pembersih tepat sehingga tidak berpotensi menyebabkan epoxy terkelupas atau rusak.

 

Tips Penting Membuat Cat Epoxy Awet

Jika sudah melakukan perawatan di atas namun lantai epoxy pada gudang Anda masih tetap cepat rusak, mungkin yang perlu Anda perhatikan lebih disini ialah kontraktor epoxy yang menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jika proses pengerjaan epoxy harus dilakukan oleh tenaga professional sehingga Anda pun perlu memilih kontraktor epoxy terbaik yang menawarkan layanan jasa dengan tenaga professional. Selain itu, menggunakan kontraktor yang tepat juga membawa berbagai keuntungan pada Anda, seperti:

  • Penggunaan cat epoxy berkualitas, terlebih lagi jika Anda memilih kontraktor epoxy yang juga merupakan produsen cat epoxy. Tentu cat yang digunakan sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya.
  • Tahap pengerjaan sesuai prodesur karena seluruh tenaga kerja sudah berpengalaman di bidangnya. Hal ini tentu akan membuat epoxy lebih awet dan kuat.
  • Harga sesuai dengan kualitas jasa yang ditawarkan, karena umumnya estimasi harga epoxy akan dilakukan secara transparan.

Itulah pentingnya memilih kontraktor epoxy yang tepat, yaitu agar lantai epoxy pada gudang Anda menjadi lebih awet. PT. Apindo Karya Lestari adalah salah satu kontraktor epoxy terbaik di Indonesia yang akan memberikan layanan lebih.

Dengan menggunakan jasa kami, Anda akan mendapatkan lantai epoxy dengan kualitas terbaik. Sebab selain menggunakan tenaga kerja professional dan berpengalaman, kami juga menggunakan cat epoxy berkualitas terbaik. Kami pun memproduksi cat epoxy sendiri guna memberi jaminan lebih pada client terkait kualitas cat yang digunakan.

Yang terpenting lagi, kami juga menawarkan jasa konsultasi gratis terkait pemaksimalan cat epoxy pada gudang Anda. Segera dapatkan layanan menari dari kami dengan cara hubungi customer service kami.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.