Enter your keyword

Aplikator Epoxy Coating Lantai yang Profesional

Aplikator Epoxy Coating Lantai yang Profesional

Aplikator Epoxy Coating Lantai yang Profesional

Apa itu Epoxy Coating?

Epoxy coating adalah cat yang digunakan untuk melindungi permukaan lantai, terbuat dari cairan khusus yakni resin epoxy dan hardener poliamina (katalis). Resin epoxy memiliki daya rekat yang sangat baik. Hal ini akan membuat lantai menjadi tahan lama. Campuran bahan harus sesuai takaran untuk menghindari keretakan atau kegagalan dalam pengaplikasian epoxy. Selain itu, permukaan lahan yang tidak sesuai dengan standar pengecatan epoxy akan membuat lapisan lantai terkelupas setelah pengaplikasian, terutama area dengan lalu lintas padat.

Fungsi Epoxy Coating

Lapisan epoxy dapat melindungi lantai beton dari pembusukan dan korosi. Sehingga menjadikan epoxy coating banyak digunakan di bidang industri. Pelapis epoxy memiliki ketahanan terhadap percikan senyawa kimia, seperti oli, pemutih, pembersih. Hal ini menjadikan pelapis epoxy semakin populer pada industri otomotif. Lantai beton juga akan lebih tahan lama dan kuat. Seperti di area gudang, industri, serta area lalu lintas kendaraan ringan hingga kendaraan berat dan lalu lintas pejalan kaki.

Pengaplikasian Material oleh Aplikator Epoxy

Tidak semua pengaplikasian epoxy coating dapat berhasil, ada juga yang mengalami kegagalan. Umumnya kegagalan diakibatkan oleh pencampuran bahan yang tidak tepat ataupun persiapan lahan yang kurang maksimal. Pencampuran material epoxy (resin dan hardener poliamida) akan memulai proses reaktif, sehingga menciptakan cross linking kimia saat mengering.

Hal ini yang membuat lantai sangat keras dan tahan lama, serta membuatnya tahan abrasi dan senyawa kimia. Untuk menghasilkan hasil yang maksimal epoxy coating harus dilakukan oleh aplikator yang berpengalaman di bidang ini. Sehingga pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan prosedur kerja.

Epoxy Lantai Rumah

Rumah yang nyaman tentunya menjadi harapan bagi semua orang. Kebersihan merupakan salah satu faktor penting untuk menciptakan rumah yang nyaman. Area yang rentan kotor yaitu lantai rumah. Rumah ataupun bangunan yang tidak bersih akan mengganggu kenyamanan untuk ditinggali serta aktivitas pun akan terganggu. Apalagi jika terdapat noda yang sulit dibersihkan.

Tentunya memerlukan waktu yang lama untuk menghilangkan noda tersebut dan mungkin harus dibersihkan dengan cairan kimia. Hal ini dapat menyebabkan lantai menjadi rusak. Solusi untuk permasalahan ini yaitu dengan melapisi lantai rumah dengan epoxy lantai. Dengan epoxy lantai akan membuat rumah menjadi nyaman dan lantai menjadi mudah dibersihkan.

Baca Juga: Daya Tarik Ruangan dengan Pelapis Lantai

Keunggulan Epoxy Lantai Rumah

Apa saja keunggulan menggunakan epoxy lantai? Berikut jawabannya.

1. Epoxy lantai dapat digunakan pada berbagai area. Tidak hanya untuk lantai rumah, tetapi dapat diaplikasikan pada marmer, baja, beton, dan lain sebagainya. Epoxy lantai tersedia dalam berbagai warna sehingga Anda bisa mengaplikasikannya sesuai dengan keinginan. Dan akan membuat tampilan lantai menjadi semakin menarik dan terlihat mewah. Karena epoxy lantai memiliki nilai estetika yang tinggi.

2. Lantai juga akan semakin kuat, fleksibel, dan tahan lama. Sehingga kualitas lantai tetap terjaga dan membantu dalam memelihara lantai rumah.

3. Epoxy lantai juga ramah lingkungan. Karena lantai akan mudah dibersihkan. Dan menjadikan lantai lebih higenis, bersih, dan indah. Selain itu, dengan menggunakan epoxy lantai akan menghemat biaya perawatan karena lantai menjadi tahan lama sehingga meminimalisir kerusakan jangka pendek.

4. Epoxy lantai menjadi solusi untuk memperbaiki lantai yang rusak, tidak rata, ataupun berlubang. Untuk masalah ini akan menggunakan epoxy mortar. Epoxy ini akan menutup lubang, retakan, serta rongga pada lantai.

Jenis Epoxy Lantai Rumah

Terdapat dua jenis epoxy yang disediakan yaitu epoxy coating dan flooring. Lalu apa yang membedakan kedua jenis cat ini? Ketebalan lapisan setiap cat yang berbeda, hal ini yang dapat membedakan epoxy coating dan flooring.
Epoxy coating memiliki ketebalan di bawah 2 milimeter. Cat ini digunakan untuk melapisi lantai rumah yang biasa. Sedangkan epoxy flooring memiliki ketebalan hingga 2 milimeter, yaitu khusus untuk lantai Anda.

Epoxy lantai merupakan pelapis lantai yang pengaplikasiannya menggunakan campuran bahan pengeras (hardener) dan resin. Pencampuran bahan yang seimbang akan memberikan hasil yang maksimal untuk lantai rumah atau bangunan Anda.

Baca Juga: 4 LANGKAH PENGAPLIKASIAN CAT EPOXY LANTAI

Lem Epoxy Lantai

Celah pada lantai tentunya sangat mengganggu kenyamanan. Karena semakin hari celah tersebut akan membesar dan dapat merusak keramik. Untuk menghindari kerusakan lantai, celah tersebut perlu ditutup rapat. Menutup celah dengan semen tidaklah cukup karena lambat laun semen akan hilang ketika terkena air. Solusinya yaitu dengan menggunakan dempul epoxy. Dempul epoxy mampu merekatkan keramik pada lantai dan dapat menutup celah keramik. Sehingga lantai tidak mudah rusak.

  • Lem Keramik dalam Air

Area yang menggunakan lem keramik dalam air contohnya kolam renang. Umunya kolam renang dibuat di atas tanah. Tetapi semakin berkembangnya zaman, kini sudah banyak gedung bertingkat yang menyediakan kolam renang di lantai atas, seperti di perhotelan. Kolam renang yang seperti itu harus dibuat oleh seorang yang profesional dan sudah ahli di bidang tersebut. Lem yang digunakan pun tidak sembarangan, harus menggunakan lem khusus agar air tidak merembes.

Selain kolam renang, lem ini bisa digunakan dalam pembuatan bak kamar mandi. Banyak pemilik yang mengeluhkan bak kamar mandi sering bocor, meski sudah diperbaiki tidak mampu bertahan lama. Pada akhirnya pemilik menggantinya dengan bak plastik. Tetapi bak tersebut juga bisa rusak. Berbeda jika bak kamar mandi biasa direkatkan dengan lem epoxy. Dijamin bak akan tahan lama dan tidak bocor lagi.

Masih banyak lagi area yang bisa direkatkan dengan lem epoxy ini, misalnya atap fiber, aquarium, ataupun ornamen lainnya yang terbuat dari kaca dan air.

  • Lem Epoxy Tahan Panas

Lem epoxy disebut juga lem serba guna. Karena selain untuk melapisi lantai yang akan dicat, lem ini juga digunakan pada area yang terkena air dan terkena panas. Saat ini banyak teknisi listrik yang sudah menggunakan lem ini utuk menyambung komponen kabel. Bahkan, industri otomotif menggunakan lem ini untuk merekatkan body mobil, modifikasi mesin motor, dan merekatkan bagian mesin.

  • Lem untuk Kapal dan Kayu

Dalam industri perkapalan tentunya harus menggunakan lem epoxy untuk merekatkan bagian yang terkena air. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya lem ini memiliki sifat tahan air. Namun, saat ini sudah banyak industri furniture atau pertukangan yang menggunakan lem epoxy. Karena lem ini memiliki daya rekat yang baik. Sehingga furniture tidak mudah rusak meski sudah digunakan dalam waktu yang lama.

  • Lem Epoxy Plastik

Selain digunakan pada kayu dan besi, lem epoxy dapat digunakan pada media plastik. Contohnya merekatkan ember plastik yang pecah, deck motor yang pecah, serta benda-benda lainnya yang tebuat dari plastik.

Jasa Epoxy Coating Profesional

Salah satu perusahaan yang bergerak di jasa epoxy coating yaitu PT. Apindo Karya Lestari. Memberikan dan menawarkan jasa epoxy lantai dengan kualitas dan harga terbaik, serta memberikan garansi 12 bulan sesuai syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

PT. Apindo Karya Lestari merupakan kontraktor berpengalaman sejak tahun 1987. Tim kami sangat profesional dalam melakukan pekerjaan ini. Di samping itu mereka sudah berpengalaman dalam pengaplikasian epoxy lantai. Masih belum paham tentang epoxy lantai? Anda bisa konsultasikan dengan menghubungi tim spesialis jasa epoxy PT. Apindo Karya Lestari di nomor 081219400496 [ WA ] / 021-5316 2972.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.