Enter your keyword

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pengaplikasian Epoxy Lantai

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pengaplikasian Epoxy Lantai

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pengaplikasian Epoxy Lantai

Pengaplikasian epoxy lantai harus sesuai dengan prosedurnya. Meskipun terbilang cukup mudah tetapi harus dilakukan dengan hati-hati dan tentunya oleh aplikator yang berpengalaman. Banyak faktor yang menyebabkan pengaplikasian epoxy lantai mengalami kegagalan.

Lalu apa saja faktor penyebab gagalnya pengaplikasian epoxy lantai? Berikut penjelasannya.

PENYEBAB DAN DAMPAK KEGAGALAN CAT EPOXY LANTAI

Dampak kegagalan cat epoxy lantai ternyata masih sering terjadi di lingkungan masyarakat atau pada pelanggan yang memilih jasa epoxy lantai. Dampak kegagalan cat ini akan mengakibatkan beberapa kekurangan, salah satunya kualitas lantai menjadi terlihat sangat buruk seperti terjadi keretakan pada lantai. Jika terjadi permasalahan seperti ini maka solusinya adalah jangan sembarangan menggunakan jasa epoxy dan jangan mudah tergiur dengan tawaran harga murah.

Selain itu, dampak kegagalan cat epoxy juga disebabkan oleh beberapa faktor seperti pemilihan jasa epoxy yang kurang tepat, tidak mengikuti prosedur kerja yang tepat sehingga berpotensi pada kegagalan pengaplikasian cat epoxy. Alangkah baiknya menggunakan jasa epoxy yang sudah berpengalaman dan profesional dalam bidang epoxy. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya kegagalan dalam pengaplikasian cat epoxy.

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas penyebab dan dampak apa yang ditimbulkan jika mengalami kegagalan dalam mengaplikasikan cat epoxy lantai. Berikut ini penyebab dan dampak kegagalan cat epoxy lantai, antara lain :

• Permukaan Lantai Terlihat Tidak Merata Karena Gelembung

Tahukah Anda jika melakukan pengecatan dalam ruangan yang terkena paparan sinar matahari secara langsung, ternyata berpotensi terjadi masalah berupa gelembung kecil bahkan beberapa ada yang terlihat besar. Dimana ketika cat epoxy lantai mulai menghangat nantinya akan berakibat udara di bawah lapisan tersebut akan meletus. Setelah itu, akan mengeluarkan ataupun melepaskan suhu panas. Sehingga mengakibatkan lapisan cat epoxy lantai terdorong ke atas dan menjadi gelembung di permukaan lantai tersebut.

Begitu pula sebaliknya, jika pengaplikasian dilakukan pada ruangan dengan paparan ataupun suhu terbilang rendah. Selanjutnya keesokan harinya terjadi perubahan suhu, udara yang sebelumnya tertangkap akan naik secara perlahan ke permukaan lantai. Hal ini yang akan menyebabkan kegagalan pada pengaplikasian cat epoxy lantai.

• Lantai Terlihat Melepuh Karena Blistering

Blistering yaitu kondisi dimana cairan telah melewati membran yang sebelumnya dihasilkan oleh lapisan cat epoxy lantai tersebut. Contohnya seperti osmosis, dengan kata lain cairan tersebut akan menumpuk pada bagian paling bawah dan perlahan mencoba untuk menguap, berikutnya cairan yang tadinya akan mencoba mendorong untuk melakukan proses penguapan.

Pada beberapa kasus masih disayangkan bahwa lapisan epoxy tahan air ternyata bisa mengatasi dongkrakkan permasalahan tersebut. Hal seperti ini yang bisa menjadi penyebab kegagalan epoxy lantai dan nantinya akan menghasilkan lantai yang terlihat seperti melepuh.

• Cat Belum Mengeras atau Belum Kering Sempurna

Pelapisan permukaan menggunakan cat epoxy harus dilakukan secara teliti. Karena pada dasarnya bila cat yang tercampur tidak merata maka dapat mengakibatkan cat yang belum mengeras ke permukaan lantai ketika ingin diaplikasikan.

Untuk menghindari cat yang belum mengeras, maka Anda bisa melakukan proses pencampuran dengan menggunakan metode part B dan part A resin dengan benar dan diaduk secara merata. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa setiap lapisan sudah benar – benar kering sempurna. Karena jika belum kering pengaplikasian cat epoxy akan mengalami kegagalan atau hasil akhirnya akan mengecewakan.

• Kelembapan

Tidak hanya itu, yang menjadi permasalahan lainnya yaitu kelembapan. Permasalahan seperti ini membuat cat tidak merekat secara maksimal sehingga berujung pada kerusakan permukaan lantai. Biasanya aplikator yang sudah handal akan melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap kondisi lantai sebelum mengaplikasikan cat epoxy ke permukaan lantai. Setidaknya Anda harus menunggu sekitar 12 – 24 jam agar kualitas lantai kering dan tidak lembap.

Jika lantai masih lembap, maka jangan dulu mengaplikasikan cat epoxy lantai. Sebagai solusinya Anda bisa menggunakan bantuan pengering lantai yaitu kipas angina besar. Apabila diaplikasikan dalam kondisi yang masih lembap, akan mengakibatkan permukaan lantai bergelembung.

• Tidak Menggunakan Lapisan Primer

Sering terjadi penyebab lantai epoxy tidak berhasil yaitu tidak menggunakan lapisan primer. Artinya langsung masuk ke tahap dua tanpa mengikuti prosedur kerja yang sesuai. Agar memperoleh hasil yang maksimal, alangkah baiknya mengikuti prosedur yang sesuai agar pengaplikasian cat epoxy tidak gagal.

Cara yang baik ialah menggunakan lapisan primer terlebih dahulu. Jika tidak menggunakan lapisan primer tentunya akan mengakibatkan keretakan pada permukaan lantai. Oleh karena itu, jika ingin mengaplikasikan cat epoxy sebaiknya mengikuti prosedur kerja yang sesuai untuk menghindari kegagalan.

• Gagal Mencampurkan Resin dan Hardener

Jika permukaan lantai yang dilapisi cat epoxy mengalami keretakan setelah beberapa bulan, hal ini harus diperhatikan. Pasti terjadi kesalahan selama proses pengaplikasian cat epoxy. Hal ini disebabkan karena terjadinya kesalahan pada saat pencampuran resin dan hardener. Padahal jika sudah dilakukan sesuai prosedur permasalahan seperti ini pasti tidak akan muncul.

• Lantai yang Tercemar

Biasanya permasalahan lantai yang tercemar sering terjadi. Misalnya pada perusahaan pabrik otomotif, tentunya permukaan lantai pabrik lebih banyak pelumas bekas yang berserakan di permukaan lantai sehingga lantai menjadi tercemar. Jadi sebelum melakukan pengaplikasian cat epoxy, Anda harus memastikan permukaan lantai benar – benar bersih dan kering. Jika cat epoxy diaplikasikan begitu saja maka akan menimbulkan permasalahan seperti kerusakan atau kegagalan epoxy lantai.

Baca Juga: 4 LANGKAH PENGAPLIKASIAN CAT EPOXY LANTAI

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM  PENGAPLIKASIAN EPOXY LANTAI

Anda ingin mempunyai lantai yang indah dan menarik? Mungkin ini bukanlah hal yang susah karena saat ini sudah begitu banyak material yang bisa diandalkan untuk mendesain lantai bangunan menjadi lebih menarik. Tetapi yang menjadi permasalahannya yaitu apakah material-material tersebut bisa didapat dengan budget yang minim dan bisa bertahan lama. Hal ini menjadi salah satu permasalahan bagi Anda yang memiliki budget sedikit, dan akan menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan lantai yang menarik tanpa harus mengeluarkan budget yang terlalu besar? Epoxy lantai bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda yang masih bingung dengan permasalahan ini. Meski demikian, pengaplikasian epoxy lantai tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang, harus oleh orang yang mempunyai keahlian khusus.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan pengecatan epoxy lantai. Apakah sajakah hal-hal tersebut? Berikut ini di antaranya :

1. Pahami Perbedaan Epoxy Flooring dan Epoxy Coating

Bagi Anda yang belum paham mengenai epoxy lantai, pasti bingung dengan perbedaan kedua jenis cat ini. Sebenarnya perbedaan kedua cat ini terletak pada ketebalan aplikasi catnya saja. Epoxy flooring merupakan material cat yang diaplikasikan dengan ketebalan 2 milimeter atau lebih. Sedangkan epoxy coating merupakan material cat yang diaplikasikan dengan ketebalan kurang dari 2 milimeter.

Ketebalan lapisan cat akan berpengaruh pada kualitas lantai. Semakin tebal lapisan lantai maka semakin baik pula kekuatan lantai yang dihasilkan. Setelah mengetahui perbedaan antara epoxy flooring dan epoxy coating, Anda bisa memutuskan sendiri mana yang hendak Anda gunakan. Pemilihan cat epoxy juga bisa Anda sesuaikan dengan beban yang terdapat pada ruangan tersebut.

2. Persiapkan Permukaan dengan Baik

Sebelum melakukan proses aplikasi cat epoxy Anda harus mempersiapkan permukaan lantai dengan baik. Dimana permukaan lantai harus benar-benar siap untuk diepoxy. Ciri-ciri permukaan lantai yang sudah siap untuk diepoxy antara lain permukaan lantai rata, bersih, dan sudah melalui tahap floor hardener. Jika permukaan lantai masih belum siap untuk diepoxy atau tidak rata, maka akan menghasilkan kualitas yang tidak bagus seperti kerusakan pada cat epoxy dan mengakibatkan cat melekat kurang sempurna.

3. Kenali Bidang yang Akan Anda Aplikasikan Cat Epoxy

Tidak hanya digunakan untuk melapisi lantai beton saja, cat epoxy juga bisa diaplikasikan pada semua bidang seperti keramik, baja, vinyl, dan lain sebagainya. Tetapi cat epoxy tidak bisa diaplikasikan di permukaan berbahan plastik. Syarat dari material yang akan dilapisi dengan cat epoxy yaitu memiliki permukaan yang kuat dan juga rata. Dengan pemberian cat epoxy akan membuat permukaan tersebut menjadi sangat kokoh dan tahan lama.

4. Tidak Hanya untuk Memperkuat, Cat Epoxy juga Memiliki Nilai Estetika yang Tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika Anda ingin mendapatkan lantai dengan tampilan yang menarik, cat epoxy adalah salah satu alternative yang bisa Anda coba. Cairan epoxy yang bisa dibuat dengan berbagai warna dan corak yang menarik bisa menambah nilai estetika ruangan dengan sempurna. Selain itu, cat epoxy dapat memberikan kesan mengkilap pada permukaan lantai yang menjadikan ruangan tersebut memiliki tampilan yang lebih bersih dan terjaga.

5. Cat Epoxy Bisa digunakan Untuk Lantai Outdoor

Tidak hanya diaplikasikan pada ruangan saja, cat epoxy juga diaplikasikan pada lantai outdoor. Hal ini dikarenakan cat epoxy bisa dikombinasikan dengan material outdoor, seperti kerikil. Untuk proses pengaplikasiannya bisa disesuaikan dengan material campuran yang disesuaikan.

Lalu, bagaimana dengan kekuatan dan daya tahan yang dihasilkan cat epoxy ketika diaplikasikan pada lantai outdoor? Anda tidak perlu khawatir, epoxy lantai tetap bisa memberikan kekuatan dan daya tahan yang maksimal, asalkan melakukan perawatan yang teratur dan baik.

6. Waspada terhadap Sinar Matahari

Meskipun cat epoxy bisa diaplikasikan untuk lantai outdoor, bukan berarti epoxy tidak membutuhkan perlindungan dan perawatan dari sinar matahari serta air hujan. Efek yang ditimbulkan dari sinar matahari yaitu bisa memberikan warna kekuningan pada cat epoxy. Hal ini mengakibatkan tampilan lantai menjadi jelek dan terkesan tidak terawat.

Untuk mengatasi permasalahan ini Anda bisa memilih cat epoxy dengan warna gelap jika ingin mengaplikasikannya di lantai outdoor. Selain itu, Anda bisa menggunakan kanopi atau atap plastik untuk mengurangi resiko kerusakan cat epoxy dari paparan sinar matahari dan percikan air hujan yang terus menerus.

Baca Juga: APLIKATOR EPOXY COATING LANTAI YANG PROFESIONAL

CARA MERAWAT LANTAI EPOXY YANG BENAR

Cat epoxy lantai sudah banyak digunakan pada bangunan yang memiliki aktivitas dan lalu lintas yang padat seperti pabrik, gedung, dan lain-lain. Selain memberikan kesan yang menarik, cat epoxy juga dapat membuat lantai menjadi kuat dan tahan lama. Meskipun demikian, lantai yang dilapisi cat epoxy tetap memerlukan perawatan yang rutin. Melakukan perawatan pada lantai dilakukan agar lantai selalu terlihat bersih dan terjaga.

Lalu, bagaimana cara melakukan perawatan lantai epoxy yang baik? Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat lantai epoxy, antara lain :

• Rutin membersihkan lantai dari debu dan kotoran lainnya

Membersihkan debu-debu yang ada di atas permukaan lantai menggunakan sapu atau vacuum cleaner. Namun, pembersihan debu dan kotoran harus dilakukan secara lembut agar tidak menimbulkan goresan pada lantai. Jika harus menggunakan sikat, pilihlah sikat yang menggunakan bulu-bulu lembut untuk hasil terbaik.

Untuk menjangkau debu dan kotoran yang berada di sudut-sudut ruangan, Anda harus menggunakan vacuum cleaner. Karena dapat menjangkau debu yang tidak begitu terlihat oleh mata. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus membersihkan lantai secara rutin.

• Membersihkan lantai dari noda minyak

Jika terdapat cairan yang tumpah di atas permukaan lantai seperti air biasa, minyak, atau cairan yang mengandung bahan kimia dan beresiko merusak lapisan cat epoxy, Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda bisa membersihkan noda cairan tersebut dengan cara mengelap lantai menggunakan kain yang lembut. Lap cairan tersebut segera mungkin setelah tumpah dan pastikan kain yang digunakan dalam kondisi yang bersih. Karena jika dibiarkan terlalu lama dapat beresiko merusak lapisan cat epoxy.

• Simpan benda-benda tajam di tempat aman

Untuk menjaga keawetan lantai epoxy, hindari meletakan benda runcing di lantai yang dilapisi cat epoxy. Sebaiknya Anda menyimpan benda tersebut tidak di dalam ruangan/gudang. Apabila tidak memungkinkan untuk disimpan di luar ruangan, Anda harus memberi alas pada permukaannya sehingga tidak menimbulkan goresan pada lantai.

• Letakkan keset di depan pintu

Selain itu, Anda harus meletakan keset di depan pintu masuk atau di tempat lainnya. Meskipun terkesan sederhana, namun keset sangat dibutuhkan di lantai yang dilapisi cat epoxy. Karena dengan menggunakan keset, kotoran dan cairan tidak akan masuk terlalu banyak ke dalam ruangan. Tetapi Anda harus tetap memperhatikan kualitas keset, pilihlah keset yang memiliki bahan mudah menyerap air dan lembut. Sedangkan untuk wilayah industri Anda harus menggunakan keset karet sebagai tambahan.

• Menggunakan cairan pembersih yang aman

Pilihlah cairan pembersih yang lembut, karena banyak cairan pembersih yang mengandung bahan kimia tinggi yang keras dan sifatnya korosif, seperti asam, sabun, dan lainnya. Pembersih yang memiliki sifat seperti itu sangat berpotensi merusak lapisan cat epoxy dan mengurangi kekuatan lantai. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan pembersih yang sifatnya lembut bahkan untuk menghilangkan noda membandel sekali pun Untuk membersihkannya anda bisa menggunakan sikat nilon.

• Membersihkan lantai dengan mengosongkan ruangan

Selain itu, Anda juga membersihkannya dengan mengosongkan ruangan terlebih dahulu untuk memperoleh hasil maksimal. Cara ini bisa Anda lakukan setiap 3 bulan sekali. Selanjutnya bersihkan menggunakan cairan pembersih untuk mengepel lantai dengan gerakan memutar sehingga tidak menimbulkan goresan.

Untuk permukaan lantai yang sudah terdapat goresan ban dapat dihilangkan dengan concrete degreaser. Oleskan produk ini pada lantai yang tergores selama 5 sampai 10 menit. Selanjutnya sikat menggunakan sikat nilon hingga bekas goresan hilang dengan hati-hati. Terakhir bilas dengan air dingin dan keringkan menggunakan handuk.

Pada dasarnya banyak faktor yang dapat merusak cat epoxy lantai Anda. Seperti debu atau kotoran yang memiliki permukaan kasar yang mengakibatkan goresan ada lantai Anda. Benda tajam atau berujung runcing yang diletakan di atas lantai tanpa alas apapun.  Cairan seperti air ataupun cairan lengket yang dapat mengikis lantai, selain itu cairan yang mengandung bahan kimia tinggi juga dapat merusak lantai.

Hal ini dapat dicegah dengan cara meletakan keset di depan pintu masuk, gunakan alas pengelasan ketika melakukan las di atas lantai epoxy, Anda harus melakukan perawatan secara rutin untuk menghindari kerusakan pada lantai epoxy, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kualitas dari cat epoxy yang akan Anda gunakan.

Kontraktor Epoxy Lantai yang Profesional

Masih bingung memilih kontraktor epoxy lantai yang profesional dan berpengalaman? PT. Apindo Karya Lestari merupakan kontraktor penyedia epoxy lantai pertama di Indonesia. Harga yang ditawarkan adalah harga yang terbaik dan kompetitif. Selain itu, sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun. Kami juga memberikan garansi 12 bulan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Karena kepuasan pelanggan yang kami utamakan.

Jika ingin mendapatkan informasi lengkap tentang epoxy lantai, bisa konsultasikan secara gratis dengan kami. Anda bisa mendatangi PT. Apindo Karya Lestari atau menghubungi 081219400496 [ WA ] / 021-5316 2972.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.