Enter your keyword

4 Langkah Pengaplikasian Cat Epoxy Lantai

4 Langkah Pengaplikasian Cat Epoxy Lantai

4 Langkah Pengaplikasian Cat Epoxy Lantai

Cat epoxy lantai sudah tidak terdengar asing lagi bagi sebagian masyarakat maupun pengusaha. Namun, masih banyak juga yang belum mengetahui cat ini. Cat epoxy merupakan cairan pelapis atau pelindung lantai yang terbuat dari campuran bahan kimia yakni resin dan hardener. Yang berfungsi untuk melindungi lantai dari kerusakan, keretakan, maupun goresan benda tajam. Dengan penggunaan cat epoxy akan membuat lantai Anda semakin cantik, bersih, dan elegan.

Tahap Pengecatan

Pengaplikasian cat epoxy lantai harus melalui beberapa tahapan untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Mulai dari persiapan hingga finishing. Berikut ini tahap-tahap yang harus dilakukan dalam pengaplikasian cat epoxy lantai, antara lain:

1. Proses Grinding

Proses grinding merupakan tahap pembukaan pori-pori lantai ataupun pengelupasan cat yang sebelumnya. Selain itu, noda minyak atau debu yang sudah mengeras bisa terkelupas. Proses ini bertujuan agar cat epoxy dapat meresap sempurna ke dalam lantai. Dalam tahap ini, tidak disarankan menggunakan HCL. Karena akan membuat permukaan lantai menjadi rapuh dan korosi akibat zat asam dalam kandungan HCL.

2. Proses Premier

Tahap selanjutnya yaitu tahap primer (sering disebut dengan under coat process/pelapisan pondasi awal). Cat premier merupakan cat lapisan pertama yang digunakan pada lantai. Tujuannya untuk menutup pori-pori lantai dan merekatkan cat epoxy dengan lantai yang rusak.

Perekatan cat epoxy lantai terdiri atas dua komponen, yaitu cat epoxy dan floor hardener tujuannya agar permukaan lantai beton tahan terhadap goresan.

Dalam tahap ini biasanya juga dikombinasi dengan pemberian warna, sehingga lantai akan lebih menarik.

3. Proses Body Coat

Body coat merupakan proses yang dilakukan dengan 2 komponen yaitu epoxy dan polymed, ditambah dengan silica send untuk menutup retakan serta lubang kecil. Proses ini kita kenal dengan proses pendempulan. Tahap ini dilakukan dengan menggunakan media scrap atau raskam. Cat ini hanya diaplikasikan pada permukaan lantai yang rusak.

4. Proses Top Coat

Proses top coat merupakan proses yang diaplikasikan dengan raskam atau scrap yang diratakan menggunakan spek rool sisir bergigi. Setelah itu, masuk ke proses finishing yang dilapisi dengan top coat untuk mendapatkan ketebalan yang diinginkan. Cat ini dapat diaplikasikan menggunakan roller, semprot, serta kuas. Proses pengeringannya membutuhkan waktu sekitar 8 sampai 16 jam.

Baca Juga: APLIKATOR EPOXY COATING LANTAI YANG PROFESIONAL

Cara Pengaplikasian Epoxy Lantai

Berbeda dengan cara pengaplikasian cat dinding, cat epoxy perlu dilakukan melalui beberapa proses. Lalu bagaimana cara mengaplikasikan cat epoxy yang benar? Berikut penjelasannya.

1. Mempersiapkan Permukaan Lantai

Tahap pertama yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan permukaan lantai dengan melakukan pengosongan area lantai yang akan dicat. Hal ini bertujuan supaya selama proses pengecatan lantai tidak terganggu dengan barang-barang yang ada di area tersebut. Selain itu, untuk mempermudah dan mempercepat proses pengecatan.

Setelah itu, Anda harus memastikan permukaan lantai yang akan dicat epoxy memiliki permukaan yang rata dan bersih dari noda mengganggu seperti noda minyak. Jika permukaan lantai belum rata, Anda harus meratakannya terlebih dahulu dengan cara di amplas atau grinding. Ini bertujuan agar pori-pori pada permukaan lantai terbuka.

2. Membersihkan Lantai

Setelah melalui tahap pertama, kemudian lantai dibersihkan dengan menyapu atau bisa menggunakan vakum industri untuk membersihkan debu dan kotoran lainnya. Jika terdapat noda minyak Anda bisa membersihkannya dengan bahan kimia. Jika lantai tidak dibersihkan dengan baik, akan mengakibatkan penurunan fungsi cat epoxy.

Selain itu, cat tidak akan menempel pada permukaan lantai dan hasil akhirnya pun tidak maksimal. Oleh karena itu, sebelum pengaplikasian cat epoxy pastikan kondisi lantai benar-benar bersih.

Baca Juga: Daya Tarik Ruangan dengan Pelapis Lantai

3. Priming dan Filling

Langkah selanjutnya yaitu mengaplikasikan epoxy primer. Proses ini sangat wajib dilakukan karena akan memberikan ketahanan yang kuat pada lantai. Anda bisa menggunakan raskam atau roller untuk mengaplikasikannya. Setelah itu, tunggulah beberapa jam sampai lapisan cat epoxy lantai benar-benar kering sempurna.

Agar proses priming berjalan cepat, pastikan di area sekitar memiliki ventilasi yang baik.
Jika terdapat permukaan lantai yang tidak rata, retak, atau berlubang Anda harus menutup permukaan tersebut menggunakan epoxy grout. Pastikan kembali semua lubang atau retakan telah terisi.

4. Pengaplikasian Cat Epoxy

Tahap inti dari epoxy lantai yaitu pengaplikasian cat epoxy. Takaran campuran cat epoxy dalam tahap ini sangat penting untuk diperhatikan. Pencampuran bahan yang tidak sesuai akan membuat kualitas lantai tidak maksimal.

Lakukan mencampurkan dua komponen epoxy yakni resin dan hardener menggunakan mixer listrik dan aduk rata campuran tersebut kurang lebih selama 2 menit. Kemudian aplikasikan pada lantai menggunakan rol.

Pengaplikasian dapat dilakukan beberapa kali sesuai dengan ketebalan yang diinginkan. Pastikan lapisan pertama cat epoxy sudah kering maksimal untuk mendapatkan hasil yang bagus.

5. Lapisan Akhir

Pastikan semua lubang atau retakan pada lantai sudah tertutup semua sebelum menerapkan lapisan terakhir. Jika tidak diperhatikan dengan baik, akan berpengaruh pada hasil akhir yang kurang maksimal.

Proses-proses tersebut harus dilakukan secara urut dan tidak boleh ada yang terlewatkan. Karena jika terdapat satu langkah yang terlewatkan, bisa membuat cat epoxy tidak memberikan fungsinya secara maksimal serta berpengaruh pada hasil akhirnya.

Setelah mengetahui tahap-tahap yang harus dilakukan dalam pengaplikasian cat epoxy tentunya tidak mungkin dilakukan sendiri. Dalam hal ini kami menyarankan agar Anda menggunakan jasa epoxy lantai yang sudah berpengalaman supaya pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan dapat memperkirakan biaya yang dikeluarkan. Serta hasil akhir yang didapatkan akan maksimal dan memuaskan.

Jika Anda masih bingung mengenai langkah-langkah pengaplikasian cat epoxy Anda bisa konsultasi secara langsung di kantor kami yaitu PT. APINDO KARYA LESTARI yang beralamat di Jl. Raya Serpong [ Sebrang Tajug ] Komp. Ruko Serpong 1 Cilenggang No. 17 A kota Tangerang Selatan – Banten 15310 atau bisa menghubungi 021 – 5316 2972 / 081219400496 [ WA ].

 

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.